Rabu, 21 September 2011

Rasa Pedas Maksimalkan Khasiat Brokoli





MENGOMBINASIKAN brokoli dengan makanan pedas bisa meningkatkan kemampuan sayuran itu dalam melawan kanker. Dalam studi oleh University of Illinois, ditemukan sayuran ini mampu bekerja sama dengan makanan pedas yang mengandung enzim myrosinase dalam sistem pencernaan yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Untuk mendapatkan efek itu, coba makan brokoli disertai makanan pedas lainnya," kata Elizabeth Jeffery, profesor gizi di University of Illinois.

"Semakin pedas semakin efektif," katanya seperti dikutip dari Press Association, Rabu (13/9).

Dalam studi, saat kecambah brokoli segar dimakan dengan brokoli dalam bentuk bubuk, peneliti mengukur senyawa bioaktifnya yakni senyawa yang ditemukan secara alami dalam makanan yang memiliki manfaat kesehatan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dasar di dalam darah.

Doktor Jenna Cramer, peneliti utama studi tersebut, mengutarakan hasil studi yang telah dimuat dalan British Journal of Nutrition.

"Banyak yang sengaja memasak brokoli kurang dari 4 menit guna melindungi nutrisinya." katanya. "Namun, studi ini menunjukkan bahwa bahkan jikapun brokoli matang, Anda masih dapat meningkatkan manfaatnya dengan mencampurkannya beserta makanan lain yang mengandung myrosinase." Makanan lain untuk meningkatkan manfaat brokoli jika mereka disatukan termasuk lobak, kubis, arugula, selada air, dan kubis Brussel. (Pri/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar